Minggu, 26 Februari 2012

Dinamika


Dalam pembelajaran ini, siswa diharapkan untuk dapat memiliki kualifikasi sebagai berikut ini, jadi dalam soal ujian, soal tidak akan jauh-jauh dari karakter di bawah ini:
-          Siswa dapat mendefenisikan pengertian dan membedakan gaya dalam fisika  dibandingkan dengan gaya dalam kehidupan sehari-hari.
-          Siswa dapat mendefinisikan pengertian dan membedakan massa dan Berat.
-          Siswa dapat mendefinisikan gaya aksi dan reaksi pada Hukum III Newton.
-          Siswa dapat mendefinisikan konsep inersia pada Hukum I Newton.
-          Siswa dapat menentukan hubungan antara Gaya (F), Massa (m), Percepatan (a).
-          Siswa dapat menggambarkan gaya dalam bentuk diagram dalam gambar.
-          Siswa dapat menganalisis keadaan benda dalam keadaan gerak lurus dan melingkar.
Setiap ben d a atau makhluk pasti bergerak. Ben d a  d ikatakan bergerak apabila terja d i perubahan posisi bend a tersebut terhad ap sebuah titik acuan. Karena bergantung pad a titik acuan, maka gerak d ikatakan bersifat relatif. Perhatikan gambar  di atas. Sepe da motor  dikatakan bergerak terha dap bangunan pasar. Hal ini karena a da perubahan jarak sepeda motor terha dap bangunan pasar.  Untuk lebih memahami tentang gerak  dan hukum-hukumnya ikutilah uraian berikut ini. Gaya dalam ilmu Fisika, Gaya merupakan penyebeb sesuatu benda memiliki perubahan dalam geraknya, gerakan yang diakibatkan oleh gaya pada benda dapat semakin cepat atau semakin lambat. Salah satu contoh kita memberikan gaya pada suatu benda adalah ketika kita menarik pintu lemari, pintu lemari yang sebelumnya diam (tertutup), ketika kita melakukan tarikan maka pintu akan terbuka. dalam dunia fisika, satuan gaya adalah Newton (N) 1 N setara dengan 1 kg.m/s2 . Selain itu, Gaya merupakan suatu vektor
A.      Massa
Massa merupakan ukuran kelembaman suatu benda, jadi
B.      Hukum I Newton
C.      Hukum II Newton
D.      Hukum III Newton
E.       Dinamika pada gerak lurus
F.       Dinamika pada gerak melingkar
G.     Contoh-contoh soal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar